Berita

    Ketahui 5 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

    Apakah Anda pernah mengalami mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan? Jika iya, Anda patut untuk diperiksa lebih lanjut karena jika dibiarkan akan berakibat fatal bagi komponen mesin lainnya. Walaupun sebenarnya kondisi mobil bergetar ketika AC menyala adalah hal yang wajar.

    Anda wajib mengetahui penyebab mobil bergetar ketika menyalakan AC, karena siapa tahu ada masalah komponen mesin lainnya yang dapat terdeteksi. Masalah muncul bisa jadi bukan hanya soal idle up. Nah, pada artikel di bawah ini akan dijelaskan penyebab-penyebab pastinya.

    Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

    Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin mobil yang bergetar ketika AC dinyalakan terdapat masalah pada idle up mesin. Namun, ternyata banyak berbagai penyebab yang mempengaruhi getaran mesin mobil saat menyalakan AC.

    Terdapat 5 penyebab yang wajib Anda ketahui. Tujuannya agar Anda dapat mengatasinya secara tepat dan benar. Berikut ini penjelasan mengenai mesin mobil bergetar saat AC menyala yang perlu Anda simak:

            1. Masalah Serius Pada Sistem Idle Up

    Penyebab pertama yang secara singkat sudah dibahas sebelumnya adalah masalah pada sistem idle up. Kerusakan ini terjadi pada sistem sensor mesin mobil, yang mana kompresor AC mobil mengalami kerusakan sehingga menjadi beban sistem idle up mobil.

    Untuk mengatasi penyebab satu ini adalah Anda dapat mematikan AC mobil terlebih dahulu beberapa saat. Setelah itu, nyalakan kembali dan apabila masih terjadi hal yang sama, Anda dapat segera bawa ke bengkel terdekat.

            2. Sistem Jalur AC Mobil Buntu

    Mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan juga karena sistem jalur AC mobil yang terhambat alias buntu. Penyebab lainnya adalah adanya frosting pada jalur AC mobil Anda, yang mana kondisi ini akibat aliran freon yang tidak lancar.

    Jika Anda mengalami hal ini, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah defrosting freon dengan membongkar komponen AC mobil dan memperlancar aliran freon kembali. Untuk melakukan hal ini, Anda juga wajib datang ke bengkel profesional.

            3. Kebanyakan Freon Pada Mesin Mobil

    Anda mungkin sudah tahu, apabila freon berkurang atau habis, maka AC mobil cenderung tidak dingin dan bermasalah. Tetapi, ternyata jika kelebihan freon juga tidak baik dan membuat mobil Anda bergetar ketika AC dinyalakan.

    Ketika freon berlebihan maka kompresor mesin bergetar, sehingga Anda wajib untuk mengisi freon secukupnya saja. Karena bukannya membuat AC mobil Anda dingin, tetapi malah menambah masalah baru.