Berita

    Mengenal High Mount Stop Lamp atau Lampu Rem Tambahan

    Beberapa mobil biasanya memiliki lampu rem tambahan atau disebut dengan High Mount Stop Lamp. Umumnya lampu ini terpasang di bagian belakang mobil.

    Tampilan lampu rem ini bisa membuat bodi mobil terlihat lebih sempurna. Tidak hanya itu saja, kegunaan dari lampu ini ternyata memiliki banyak fungsi untuk kendaraan.

    Apa Itu Lampu Rem Tambahan?

    Selain nama istilah yang telah dijelaskan, lampu ini juga disebut Third Brake Lamp atau lampu ketiga. Sesuai dengan namanya lampu rem ini merupakan lampu tambahan yang dipasang di roof spoiler atau kaca belakang bagian tengah bawah atau atas mobil.

    Warna lampu ini hanya berwarna merah saja karena berfungsi untuk membangkitkan sifat waspada kepada pengendara lain. Penerangannya juga cukup tinggi sehingga dapat dilihat dari jarak jauh.

    Fungsi High Mount Stop Lamp

    Beberapa perusahaan otomotif telah mengembangkan fitur lampu ini untuk membantu berkendara menjadi lebih efisien. Kehadiran lampu rem tambahan ini bisa menjadi alat komunikasi untuk membantu respon dari pengendara lain saat berkendara di jalan.

    • Agar Kendaraan Terlihat Jelas

    Lampu ini sengaja dipasang pada bagian belakang mobil dengan posisi yang lebih tinggi dari lampu belakang. Hal ini bertujuan agar kendaraan dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara lain di belakang.

    Lampu ini memantulkan cahaya yang jauh lebih terang daripada lampu belakang sehingga dapat dilihat dengan mudah dari jarak yang jauh. 

    Fungsi utama ini membuat banyak beberapa negara maju mewajibkan penggunaan lampu ketiga oleh setiap pengendara.

    • Membantu Kondisi Lalu Lintas yang Padat

    Lampu ketiga sangat penting untuk jalanan yang padat berkat kehadiran fitur keselamatan yang ditawarkan. Kelebihan ini mendukung terhadap kenyamanan penggunanya saat berkendara.

    Dengan adanya fitur ini akan membantu kondisi jalan raya yang padat lalu lintas. Melalui isyarat yang dikeluarkan oleh lampu ini dapat membuat pengendara di belakang dapat berhati-hati saat mengemudi. 

    • Mencegah Terjadinya Kecelakaan

    Kecelakaan lalu lintas seringkali terjadi karena kelalaian pengemudi tidak memperhatikan kondisi di sekitar. Dengan adanya fitur Third Brake Lamp ini bisa meningkatkan kesadaran pengemudi untuk selalu waspada.

    Lampu ini bisa memberi sinyal agar lebih hati-hati dalam berkendara. Ini tentu bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang merugikan kendaraan lainnya.

    • Mengerem dengan Baik