Berita

    Simak Tips Aman Menyetir di Dekat Truk

    Saat berkendara di jalan raya, penting bagi sekali bagi Anda untuk memperhatikan kondisi sekitar. Anda juga harus paham bagaimana cara menyetir aman di dekat truk. Apalagi jika Anda sering berkendara di jalanan yang sering dilewati truk-truk besar. 

    Tips Menyetir Aman di Dekat Truk

    Tidak perlu panik saat Anda berkendara di dekat truk. Selama Anda tetap tenang dan bisa menguasai diri dengan baik maka tak masalah untuk menyetir dekat kendaraan besar. Berikut adalah beberapa tips aman menyetir di dekat truk yang bisa diterapkan:

            1. Tetaplah Menjaga Jarak

    Tips pertama, pastikan Anda selalu menjaga jarak aman selama berkendara di dekat truk. Jika posisi mobil Anda terlalu dekat dengan truk, maka pengemudi truk tidak akan bisa melihat posisi Anda dan hal ini sangatlah berbahaya. 

    Selain itu, menjaga jarak tetap aman juga penting untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sewaktu-waktu truk berhenti mendadak, Anda masih punya kesempatan untuk berhenti tanpa menabrak. 

    Saat Anda berkendara terlalu dekat dengan truk, maka sulit pula bagi Anda untuk melihat jalur kendaraan dari arah berlawanan. Hal ini cukup berbahaya apalagi jika Anda tiba-tiba menyalip truk tanpa tahu kondisi jalan dari arah sebaliknya. 

            2. Berkendaralah dengan Nyaman

    Meskipun berada di dekat truk berukuran besar, Anda tetap harus berkendara dengan nyaman. Kunci penting menyetir aman di dekat truk adalah tetap tenang dan merasa nyaman. Jangan terbebani dengan adanya truk di dekat Anda sampai akhirnya gugup. 

    Jika Anda merasa tenang dan nyaman maka akan lebih mudah untuk mengendalikan mobil. Anda juga bisa lebih fokus memperhatikan posisi truk dan manuvernya sehingga langkah antisipasi pun jauh lebih mudah. 

            3. Jangan Terburu-buru Mendahului

    Umumnya pengendara yang mengemudi di dekat truk akan berusaha untuk segera menyalip atau mendahului. Sebenarnya sah-sah saja jika ingin mendahului, namun pastikan bahwa kondisinya sudah cukup aman. 

    Jangan terburu-buru saat Anda ingin mendahului posisi truk. Lihat dulu kondisi di sekitar dan kendaraan lain yang ada di sana. Lihat pula apakah ada kendaraan melaju dari arah berlawanan atau tidak. 

    Saat ada kesempatan mendahului, maka mulailah dengan hati-hati. Jangan terbawa emosi dalam kondisi seperti ini. Tetap fokus sampai Anda bisa membawa mobil ada di depan truk dan lanjut melaju dengan nyaman.