Berita

    Ingin Menggunakan Kaca Film? Perhatikan Hal Berikut

    Untuk menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruang kabin mobil, Anda perlu menambahkan kaca film. Meskipun demikian, jangan asal pasang karena ada ketentuan yang harus dipatuhi perihal tingkat kepekatannya. 

    Selain itu, masih ada beberapa faktor lagi yang menjadi pertimbangan sebelum membeli aksesoris mobil ini. Apa saja? Berikut penjelasannya!

    Pertimbangan sebelum Memasang Kaca Film untuk Mobil

    Tujuan utama dari pemasangan item ini pada mobil memang untuk meredam udara panas atau sengatan matahari saat berkendara. Namun, masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan, antara lain: 

    • Menyesuaikan Budget

    Harga memang menjadi pertimbangan yang utama ketika membeli produk, ini berlaku juga pada aksesoris mobil ini. Sebab, produk ini memiliki banyak varian merek dan jenis dengan tingkat kegelapan yang berbeda. 

    Jadi, harga yang ditawarkan pun menjadi beragam. Itu sebabnya, Anda harus menyiapkan budget khusus terlebih dahulu dan sesuaikan juga dengan kebutuhan, apakah memang kaca mobil harus diberi lapisan atau tidak. 

    • Tingkat Kegelapan

    Faktor yang kedua adalah mempertimbangkan tingkat kegelapan atau kepekatannya. Memang, banyak yang cenderung memilih warna gelap dengan alasan terasa lebih teduh dan lebih privasi. 

    Namun, tingkat kepekatan yang Anda pilih akan memengaruhi visibilitas selama melakukan perjalanan, terutama ketika cuaca hujan lebat atau saat mengemudi di malam hari. 

    Biasanya, untuk bagian depan mekanik akan menyarankan agar memberi lapisan dengan tingkat kepekatan yang lebih jernih apabila dilihat dari dalam. 

    • Produk Berkualitas

    Pertimbangan berikutnya adalah memastikan bahwa produk aksesoris mobil yang dibeli benar-benar berkualitas. Apalagi di pasaran banyak sekali menyediakan berbagai merek dengan kualitas yang juga beragam. 

    kaca film berkualitasFreepik.com

    Bila bingung menentukan pilihan, Anda bisa datang ke bengkel resmi Suzuki agar mendapatkan rekomendasi produk yang benar-benar berkualitas. 

    • Bergaransi

    Selain berkualitas, Anda juga perlu menanyakan pada pihak mekanik apakah pembelian dan pemasangan film untuk kaca mobil bergaransi atau tidak. 

    Biasanya, garansi tersebut meliputi pemasangan, yaitu akan diganti apabila terdapat bintik atau gelembung, warnanya luntur, cacat produk. 

    • Tingkat Kejernihan

    Faktor berikutnya yang jadi pertimbangan ketika akan membeli kaca film adalah tingkat kejernihannya. Saat ini telah banyak beredar produk sejenis yang telah menggunakan teknologi terkini. 

    Misalnya, ada merek yang menawarkan fungsi mampu menolak panas. Selain itu, ada pula merek yang menawarkan kemampuan pandangan yang jernih jika dilihat dari dalam namun jika dari luar mobil akan tampak gelap. 

    • Perhatikan Performa

    Faktor selanjutnya adalah mempertimbangkan performa dari produk yang akan dipasang pada kaca mobil itu sendiri, antara lain: 

    • Memblokir Panas

    Umumnya, pemilik akan mengutamakan pemasangan film untuk kaca mobilnya yang mampu memblokir panas terik matahari. 

    Jika dulu dibutuhkan tingkat kegelapan antara 60% hingga 80%, saat ini banyak produk yang mengklaim mampu menolak panas dari sinar matahari melebihi yang 80% walau dengan tingkat kepekatan 40% saja. 

    • Meminimalisir Bahaya Pencurian

    Bagi yang suka meletakkan barang di mobil secara sembarangan, biasanya disarankan melapisi bagian kaca mobilnya dengan tingkat kepekatan lebih dari 60%. 

    Pasalnya, dengan tingkat kepekatan yang demikian akan membuat orang luar sulit untuk melihat bagian dalam mobil sehingga mengurangi risiko pencurian. 

    Namun, kompensasi yang harus diterima adalah daya pandang keluar menjadi terbatas, terutama saat malam hari atau saat hujan. 

    • Keamanan Penumpang

    Performa terakhir yang ditawarkan adalah jenis film untuk kaca mobil yang didesain tidak tembus peluru dan tidak bisa pecah walau dihantam dengan kapak sekalipun. 

    Itulah berbagai pertimbangan sebelum membeli aksesoris untuk mobil, khususnya kaca film. Jangan ragu untuk bertanya ke mekanik jenis dan merek apa yang performanya paling bagus! Agar tidak kecewa, sebaiknya lakukan pemasangan pada bengkel resmi Suzuki.