Berita

    Kaca Mobil Anda Berjamur? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

    Kaca mobil berjamur menjadi masalah yang sering dialami oleh para pengguna mobil. Jika sudah muncul, jamur akan menurunkan efektivitas fungsi kaca pada mobil sebab pantulannya jadi kurang jelas. 

    Itulah mengapa, Anda harus mengenali apa saja yang menjadi penyebab munculnya jamur pada kaca mobil untuk mencegah jamur muncul kembali di masa depan. Lalu, apa saja yang menyebabkan kemunculan jamur di kaca mobil? Berikut jawabannya!

    4 Penyebab Kaca Mobil Berjamur

    Ternyata, kaca mobil bisa tumbuh jamur dari hal-hal yang mungkin tidak Anda kira sebelumnya. Hati-hati, jangan biarkan empat hal ini membuat jamur tumbuh lagi di kaca mobil Anda.

    • Sisa Air Hujan

    Penyebab pertama adalah dari air hujan yang masih menempel pada mobil dan dibiarkan tanpa dilap hingga kering. Itulah mengapa, pada musim hujan Anda perlu lebih rutin mencuci dan membersihkan mobil.

    Di waktu selanjutnya jika mobil Anda terkena hujan, langsung keringkan dan bersihkan dengan lap agar tidak ada lagi sisa air hujan yang menempel.

    • Pencucian Mobil Kurang Kering

    Pemicu kaca mobil berjamur yang satu ini adalah air sisa cucian mobil yang tidak dikeringkan dengan benar. Baik itu mencuci di salon mobil atau pun mencuci sendiri di rumah, kelalaian pada proses pengeringan akan memunculkan jamur di kaca mobil.

     

    mencuci kaca mobilPexels.com

    Anda yang mencuci mobil di bawah sinar matahari pun akan berisiko memunculkan jamur di kaca mobil, sebab air cucian di mobil cenderung jadi lebih cepat kering.

    • Kualitas Air 

    Tidak bisa asal pakai sembarang air, mencuci mobil sebaiknya menggunakan air PAM agar lebih bersih, mengkilap, dan bebas jamur. 

    Penggunaan air tanah berisiko membuat kaca mobil lebih kusam dan rentan timbul jamur, sebab terdapat kandungan besi kuning, kapur, hingga garam di dalamnya.

    • Cuaca Tidak Stabil

    Ketika Anda berkendara, pernahkah mengalami cuaca berubah-ubah dalam waktu relatif singkat? Misalnya, tiba-tiba hujan turun di tengah teriknya matahari, lalu berhenti dan cuaca menjadi panas lagi. Hal tersebut pun menjadi pemicu jamur di kaca mobil.

    3 Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

    Setelah mengetahui penyebab jamur di kaca mobil, berikut solusi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah tersebut:

    • Menggunakan Pembersih Khusus Kaca Mobil Berjamur

    Anda bisa menggunakan pembersih khusus jika jamur di kaca sudah parah tingkat mengganggunya. Pilih merk pembersih yang terpercaya dan berkualitas, agar proses pembersihan jamur ampuh dan efektif.

    Utamakan bagian kaca depan mobil yang rentan dari serangan jamur terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda dapat melanjutkan pembersihan ke kaca samping serta belakang mobil.

    Selain pembersih khusus jamur, Anda pun bisa melapisi bahan anti jamur ke kaca yang daya tahannya bisa hingga empat bulan. Jadi, jamur pun tidak tumbuh dengan mudah di kaca mobil Anda.

    • Menggunakan Baking Soda

    Cara ini cukup efektif serta tidak berbahaya sebab bebas racun. Baking soda akan menghilangkan jamur sekaligus menyerap sisa air dan kelembapan yang menjadi pemicu pertumbuhan jamur. 

    Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air, lalu setelah itu semprotkan larutan tersebut ke kaca mobil yang terkena jamur secara menyeluruh.

    • Mengoleskan Pasta Gigi

    Satu lagi cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke area kaca yang muncul jamur. Anda harus menggunakan pasta gigi berwarna putih, bukan pasta gigi berbentuk gel.

    Setelah mengoleskan pasta gigi, Anda bisa menunggu selama lima menit. Sehabis itu, gosok area tersebut dengan kain microfiber hingga bersih. Bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan sempurna.