Berita

    Simak Tips Aman Berkendara Saat Puasa

    Meskipun berada di bulan Ramadhan, tetap saja berbagai aktivitas harus dijalankan dengan baik. Salah satunya adalah berkendara, berkendara saat puasa memang bukan menjadi hal yang mudah. 

    Mobilitas yang padat tiap hari dapat menjadikan aktivitas berkendara menjadi hal yang melelahkan, lebih-lebih karena sedang dalam kondisi berpuasa, perlu perhatian khusus ketika berkendara.

    Puasa dengan waktu belasan jam per harinya juga bisa menyebabkan gula darah rendah serta dehidrasi. Kondisi tersebut dapat membuat seseorang merasa lekas lelah dan tidak sabar, khususnya saat berada di jalanan. 

    Tips Berkendara Saat Puasa Agar Lancar

    Agar lancar berkendara saat puasa, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

            1. Istirahat dengan cukup

    Tips pertama ialah memiliki waktu istirahat yang cukup. Kita tidak bisa memungkiri, dengan begitu banyaknya kesibukan, Anda tidak memiliki waktu untuk beristirahat, namun jangan sampai waktu istirahat Anda menjadi kurang maksimal. 

    Kurangnya istirahat dapat membuat kita kehilangan konsentrasi serta fokus ketika berkendara. Tentu saja kondisi ini berbahaya. Oleh sebab itu, pastikan memperoleh istirahat yang cukup, minimal tidur 7 jam dalam sehari. 

            2. Penuhi gizi dengan baik

    Tips lainnya, jangan melupakan asupan makanan meskipun sedang berpuasa. Gizi yang masuk ke tubuh harus seimbang serta layak untuk memberi tenaga agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. 

    Anda dapat mengkonsumsi sayur-sayuran, karbohidrat, dan buah setiap hari. Jangan lupa, konsumsi suplemen sehingga dapat melengkapi kebutuhan gizi bagi tubuh. 

            3. Jangan berkendara dengan kecepatan tinggi

    Ketika berkendara saat puasa, tingkat konsentrasi yang dimiliki jauh lebih rentan. Sehingga, lebih baik hindari kecepatan tinggi serta melakukan manuver dengan tiba-tiba. Hal ini harus dilakukan agar keselamatan dapat terjaga. 

    Ketika sedang tidak berpuasa, berkendara dengan kecepatan tinggi serta melakukan manuver secara tiba-tiba saja sudah berbahaya, lebih-lebih jika dilakukan ketika sedang berpuasa, tentu akan jauh lebih berbahaya. 

            4. Tetap sabar saat berkendara

    Ketika sedang berkendara di jalan raya, Anda harus menyadari bila bukan hanya diri sendiri yang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, pengendara lain juga demikian. Oleh sebab itu Anda harus tetap sabar dan hati-hati.