Berita

    Cari Tahu Tips Ganti Velg Mobil

    Mengganti velg mobil, terutama ukurannya umum dilakukan oleh para penyuka modifikasi mobil. Biasanya, diameter velg diganti ke ukuran lebih besar. Misalnya, jika sebelumnya memakai cincin 16, diganti dengan cincin 18. Nah, penggantian ini pasti akan diikuti penggantian ban berdiameter lebih besar.

    Tips Supaya Velg Mobil Menjadi Keren!

    Ingin tahu lebih lanjut tentang tips ganti velg mobil lainnya? Simak tips dibawah ini! 

    • Kenali Material Velg

    Velg yang dijual pada toko khusus, terkadang memiliki beragam material atau bahan. Seperti yang kita ketahui, bahan dasar pembuatan velg adalah logam ringan, seperti baja billet, paduan logam, atau magnesium. 

    Jika Anda memakai bahan velg yang lebih ringan, Anda bisa mengurangi bobot mobil tanpa mengabaikan daya tahan pada velg. Dengan begitu, ini akan mempengaruhi kinerja mesin yang tidak begitu berat saat memutar roda serta sistem pada pengereman.

    • Mengenal Model Desain Pada Velg

    Saat ini, banyak sekali jenis velg mobil yang bisa Anda pilih. Hal ini tentunya bisa membuat Anda kebingungan saat memilih jenis velg yang pas. Desain dan model velg biasanya akan disesuaikan dengan selera Anda. Ada banyak sekali desain yang bisa Anda pakai, mulai yang simpel, sporty, atau elegan pun ada. 

    Untuk model velg tersedia dalam berbagai bentuk. ada yang one pieces hingga three pieces. Jika Anda ingin yang bertahan lama, cobalah model one piece. Namun, model ini memiliki beban yang lebih berat 

    Sedangkan keunggulan pada model three pieces, jika terdapat salah satu bagian velg yang rusak, Anda bisa mengganti bagian yang rusak tersebut dengan velg yang baru. Velg ini pun memiliki beban yang lebih ringan daripada velg one piece

    Jika Anda masih bingung, cobalah konsultasikan ke beberapa toko velg. Mereka akan merekomendasikan velg model apa yang sesuai dengan selera Anda.

    • Mengetahui Lebar dari Velg

    Mengganti velg, bisa memberikan dampak pada mobil Anda. Jika velg semakin besar, maka semakin lebar pula velgnya. Ketika velg menjadi lebar, area pada cengkraman ban bisa semakin besar. Ini akan mengakibatkan peningkatan pada body roll mobil serta understeer.

    Pada umumnya, disarankan untuk mengganti ukuran velg maksimal lebih besar 2 hingga 3 inci. Misalkan, jika velg bawaan mobil Anda berdimensi 16 inci, maka ukuran maksimal untuk velg yang bisa Anda pasang adalah 19 inci.