Berita

    Simak Gejala Rack Steer Rusak dan Komponennya

    Dalam dunia otomotif, pengembangan teknologi telah memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja dan keselamatan kendaraan. Salah satu inovasi yang telah membawa perubahan signifikan adalah sistem pengarah roda.

    Sistem pengarah roda atau juga biasa disebut rack steer ini bertanggung jawab untuk mengontrol pergerakan roda depan dan memungkinkan pengemudi untuk dapat mengendalikan arah kendaraan.

    Namun, sistem pengarah roda ini juga dapat mengalami masalah yang mempengaruhi kinerja kendaraan dan keselamatan pengemudinya. Maka dari itu, artikel ini akan membahas gejala hingga komponen utama yang ada pada sistem pengarah roda ini.

    Gejala dan Komponen Rack Steer yang Wajib Diketahui

    Sebagai sistem pengarah roda, rack steer terdiri dari sebuah mekanisme berupa batang engkol (rack) yang berhubungan dengan pinion gear pada kemudi.

    Gerakan pinion gear ketika kemudi diputar, akan mendorong batang engkol hingga pada gilirannya akan mengubah sudut pada roda depan. Dan sebagai hasilnya, roda depan akan berbelok ke arah yang diinginkan.

    Namun, jika Anda mengalami masalah seperti kemudi tiba-tiba terasa berat saat akan diputar atau bahkan adanya getaran di lingkar kemudi, maka hal tersebut bisa jadi pertanda sebagai salah satu gejala umum kalau sistem pengarah roda rusak.

    Gejala Umum Pada Sistem Pengarah Roda

    Nah, ada 4 gejala rack steer rusak.yang harus Anda ketahui, sebagai berikut: 

            1. Sensasi Longgar atau Kendor pada Kemudi

    Ini dapat menjadi pertanda jika terdapat masalah dalam sistem pengarah roda pada kendaraan Anda. Keausan pada bagian pengarah roda bisa mengakibatkan ketidakstabilan dan kurangnya responsivitas ketika akan mengendalikan kemudi lho.

            2. Terdengar Bunyi Berdecit atau Berdengung di Area Kemudi

    Ini bisa menjadi pertanda jika gigi-gigi pinion mengalami keausan atau bahkan batang engkol (rack) membutuhkan perbaikan.

            3. Getaran pada Kemudi

    Apabila Anda merasakan ada getaran yang tidak biasa pada kemudi saat mengemudi, ini pertanda ada masalah pada pengarah roda mobil Anda. Biasanya getaran tidak normal dapat disebabkan karena komponen sudah mengalami adanya ketidakseimbangan pada pengarah roda.

            4. Sulit untuk Kendalikan Arah Kendaraan