Berita

    Simak Fungsi Rack Steer & Tanda Kerusakannya

    Pada mobil terdapat beberapa komponen yang jika terjadi masalah pada komponen tersebut maka akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Sebut saja salah satunya rack steer yang berfungsi untuk mengoptimalkan kenyamanan saat menyetir mobil.

    Komponen yang satu ini punya risiko besar mengalami kerusakan. Itulah kenapa Anda harus mengenal apa fungsi dan juga tanda-tanda jika ada kerusakan pada komponen yang satu ini.

    Cara Kerja dan Fungsi Rack Steer

    Fungsi utama dari komponen ini yaitu menjadi penghubung antara lingkar kemudi atau setir dengan kaki-kaki mobil. Artinya komponen ini berkaitan juga dan terhubung dengan power steering.

    Jika komponen ini mengalami masalah, maka akan timbul permasalahan juga pada bagian power steering. Maka yang terjadi selanjutnya, lingkar kemudi menjadi terasa tidak nyaman seperti biasanya.

    Perbaikan komponen ini biasanya dilakukan dengan cara mengganti semua bagian secara keseluruhan. Tujuannya agar kinerjanya bisa kembali sempurna layaknya masih baru.

    Adapun cara kerjanya sebenarnya tergolong sederhana. Komponen ini akan mengarahkan ban mobil untuk berbelok. Komponen tersebut juga akan memastikan putaran mobil sesuai dengan lingkar kemudinya.

    Tanda Rack Steer Rusak yang Harus Diperhatikan

    Kerusakan pada rack steer sebenarnya tidak sulit untuk dikenali. Berikut sudah kami rangkum apa saja tanda-tandanya.

    1. Keluarnya Bunyi-Bunyian

    Adanya suara-suara aneh pada mobil bisa menjadi salah satu pertanda adanya kerusakan pada salah satu bagian mesin. Bunyi-bunyian juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya kerusakan pada komponen tersebut.

    Ketika mobil Anda dipacu dalam kecepatan tinggi maupun lambat, biasanya akan muncul bunyi-bunyi aneh yang terdengar melengking. Bunyi ini terdengar jelas pada area roda depan.

    2. Timbulnya Getaran pada Setir Mobil

    Tanda lain yang bisa dirasakan yaitu adanya getaran pada setir mobil. Selain bergetar, kondisi steer pun terasa lebih berat dari biasanya. Kondisi ini merupakan pertanda adanya kerusakan pada komponen tersebut.

    Jika setir mobil Anda sudah tidak lagi nyaman, sebaiknya harus segera dilakukan pengecekkan. Deteksi dini terhadap kerusakan komponen ini akan membantu Anda untuk meningkatkan keamanan saat berkendara. Pasalnya kerusakan pada komponen ini berisiko pada keamanan.