Berita

    Mengenal Komponen Dan Fungsi Dari SIstem Pelumasan Pada Mobil

    Semua pemilik mobil tentu tahu dengan oli atau pelumas. Pelumas merupakan pelindung mesin mobil, sekaligus menjaga bahkan mampu meningkatkan performa mobil Anda. Pelumas memiliki zat yang bertugas untuk melumasi komponen dalam mesin. Zat tersebut disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Hal ini yang membuat setiap mobil dengan spesifikasi tertentu harus menggunakan yang oli yang tepat.

    Komponen Sistem Pelumasan Pada Mobil

    • Bak Oli

    Bak oli berguna sebagai penampung oli atau pelumas. Ia berfungsi menyimpan cadangan oli yang akan digunakan untuk melumasi komponen-komponen mesin yang bekerja.

    • Pompa Oli

    Pompa oli bertuga menghisap dan mengalirkan oli ke mesin. Kerjanya ditentukan pada putaran mesin dari komponen seperti camshaft, crankshaft, atau timing belt. Pompa oli ini bertugas menyuplai oli untuk melumasi seluruh bagian mesin yang terbuka tanpa tekanan

    • Filter oli

    Komponen ini bertugas menyaring oli dari kotoran sehingga oli tidak cepat kotor. Filter oli berperan penting untuk menjaga oli tetap bersih, sehingga usia pakainya lebih panjang, karena oli yang kotor tidak akan melumasi dengan maksimal.

    • Strainer

    Strainer bekerja bersama filter oli. Ia menyempurnakan kerja filter oli. Strainer memiliki keunggulan dalam menyaring kotoran. Daya saringnya sangat tinggi, menangkap kotoran hingga satu milimeter.

    • Pressure Valve

    Pressure valve menjadi komponen yang bertugas mengatur tekanan pelumas.Ketika mesin sedang bekerja dalam putaran yang tinggi, ia yang menyuplai pelumas untuk melumasi komponen-komponen mesin. Dalam tekanan yang tinggi, pompa oli akan bergerak lebih cepat. Sementara saluran oli memiliki kemampuan terbatas. Di sini, Pressure valve yang akan mengatur tekanan pelumas yang dibutuhkan agar tetap stabil

    • Switch Oli

    Switch oli, juga punya peran penting. Ia memiliki sensor tekanan oli, sehingga mengetahui tekanan dan hasil kerja pompa oli. Komponen ini bertugas menginformasikan apakah pasokan pelumas cukup atau tidak untuk melumasi mesin.

    • Oil gallery

    Oil gallery merupakan sirkuit pelumasan yang menjadi jalan bagi oli ke mesin. Komponen ini memiliki lubang pada blok mesin yang akan dilumasi. Lubang ini akan mengantarkan pelumas pada komponen tertentu yang harus mendapat pelumasan.

    • Oil jet

    Oil jet merupakan sebuah komponen pelumasan yang berada di bawah silinder mesin. Ia berfungsi untuk menyemburkan oli atau pelumas ke batang penggerak.

    • PCV valve