Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter & Cara Mengatasinya

    Ketika mobil tidak bisa distarter, kebanyakan pengguna mobil akan menduga ada masalah pada aki mobil. Sebagai sumber daya listrik untuk kendaraan, wajar jika aki selalu dikaitkan dengan masalah mobil yang sulit menyala. 

    Karena memang saat kondisi aki soak, mobil jadi sulit untuk distarter. Namun, ternyata penyebab pengemudi tidak bisa menstarter mobil bukan hanya aki. Bisa juga karena adanya kerusakan pada komponen lain.  

    Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

    Mesin mobil yang tidak mau menyala meski sudah distarter berkali-kali pasti membuat Anda pusing. Apalagi jika Anda harus pergi menggunakan mobil untuk keperluan mendesak. 

    Akhirnya Anda harus memanggil teknisi atau petugas dari bengkel untuk memperbaiki mobil. Meski masalah bisa langsung teratasi oleh teknisi, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja penyebab mobil sulit distarter. 

    Supaya Anda bisa mengantisipasi agar kondisi yang sama tidak terulang kembali. Berikut ini penyebab dari mobil yang tidak bisa distarter:

    • Busi Bermasalah

    Busi yang bermasalah atau kotor bisa menyebabkan mesin mobil sulit dihidupkan. Karena, busi memiliki perang penting untuk menciptakan percikan api yang dibutuhkan dalam pembakaran. 

    Ketika busi tertutup debu atau kotoran akan membuat percikan bunga api jadi terhambat. Sehingga mempengaruhi proses starter mobil. Jadi sebaiknya cek dulu bagian busi jika mesin mobil tidak mau hidup. 

    Apabila ternyata busi memang kotor, Anda cukup membersihkannya menggunakan cairan khusus. Atau ganti dengan busi baru jika kondisinya sudah cukup rusak. 

    • Dinamo Starter Rusak

    Dinamo starter atau disebut juga alternator punya fungsi penting untuk membuat mesin mobil bisa hidup. Komponen ini bertugas mengalirkan listrik ke bagian aki. Jadi, meskipun aki masih bagus tapi alternator bermasalah mobil tetap sulit distarter.

    Meski begitu dinamo starter termasuk komponen yang tidak gampang rusak. Bila ternyata ada kerusakan pada dinamo dapat dipastikan penyebabnya karena usia pakai  dinamo yang lebih dari 8 tahun. 

    Cara mengecek dinamo starter rusak atau tidak cukup mudah. Anda bisa menempelkan obeng ke bagian pulley alternator. Bila obeng menempel berarti dinamo masih bagus dan jika tidak berarti performanya sudah menurun. 

    • Suplai Bensin Terganggu

    Supaya mesin mobil dapat menyala, suplai bahan bakar dari tangki ke mesin harus lancar. Jika terhambat maka mobil tidak bisa distarter. Kondisi ini bisa terjadi karena pemompaan bensin ke karburator jadi melemah.