Berita

    Ketahui Ini Fungsi lampu Kota pada Mobil

    Tidak semua pengendara menyadari kegunaan lampu kota pada mobil. Maka, tidak heran jika masih banyak yang tidak menyalakannya di waktu yang seharusnya dinyalakan. Akibatnya, kecelakaan terkadang bisa terjadi. 

    Lampu kota mobil merupakan salah satu dari penerangan yang ada pada mobil. Istilah ini hanya diterapkan di Indonesia agar memudahkan dalam penyebutannya. Di luar, lampu ini lebih dikenal dengan sebutan clearance light

    Fungsi Lampu Kota yang Wajib Diketahui

    Lampu kota berfungsi sebagai penanda jika lampu depan mati, membantu menjaga visibilitas kedua sisi mobil ke pengemudi yang melaju. 

    Untuk mengaktifkannya, Anda cukup menyalakan saklarnya yang jadi satu dengan lampu utama mobil (headlight switch). Putar saklar ke arah depan sebanyak satu kali, clearance light akan langsung menyala. Nah, umumnya LED yang terletak pada plat nomor kendaraan dan lampu dashboard pun akan menyala sewaktu lampu kota dihidupkan. 

    Jenis-jenis Lampu Kota

    • Daytime Running Lights

    Daytime Running Lights atau biasa dikenal dengan lampu siang hari ini sudah menjadi perlengkapan umum untuk semua kendaraan saat ini. Lampu ini harus tetap nyala ketika melakukan perjalanan di siang hari. Bisa juga digunakan untuk memberi tanda di jalan dengan sorotannya. 

    • Low Beam Headlights

    Low Beam Headlights digunakan ketika Anda memerlukan fokus pada jarak yang lebih pendek. Ketika lampu ini dinyalakan, jarak pandang Anda tidak akan jauh tetapi dapat membantu memberi penerangan yang cukup untuk jalanan di depan tanpa perlu membuat silau berlebihan untuk pengemudi lainnya. Lampu jenis ini akan sangat membantu jika terjadi kondisi cuaca buruk juga.

    • High Beam Headlights

    High Beam Headlights digunakan untuk memberikan pandangan jarak jauh ke jalan di depan. Sebagai pengemudi, Anda harus tahu bahwa menggunakan high beam headlights di area ramai sama sekali tidak baik. Hal ini karena sinar yang tinggi dapat membuat silau berlebihan yang mungkin dapat membutakan pandangan pengemudi lain. 

    • Fog Lamps 

    Fog lamp tidak selalu ada di setiap varian mobil yang terjual di pasaran. Namun, Anda dapat memasangnya sendiri di bengkel resmi lantaran fog lamp atau biasa disebut sebagai lampu kabut akan benar-benar membantu Anda dalam berkendara di cuaca berkabut.